Remap Keyboard ke Joystick untuk Memainkan Game Tak Support Joystick Controller

Remap keyboard ke joystick sangat berguna bagi penggemar game pc yang ingin memainkan game favoritnya dengan joystick, karena banyak game-game pc yang juga tidak support joystick, menggunakan joystick sangat menyenangkan jika bermain game-game jenis racing atau fighting, kabanyakan game-game yang tidak support joystick adalah game-game yang memang membutuhkan control banyak dan juga beberapa mini game seperti game besutan game house, gamespot atau myplaycity. Banyak sekali game-game keren dan ringan untuk netbook yang cukup seru dari ketiga situs diatas dan masih banyak juga sebenarnya situs yang serupa. Tetapi game - game pada situis tersebut tidak support untuk joystick.

Cara remap keybord ke joystick controller

Berawal dari membeli sebuah DVD game favorit saya di PS2 waktu masih duduk dibangku sma dulu yakni Devil May Cry 3 SE (sekarang sudah sampai versi 5) untuk pc, saya menemukan permasalahan yang serius di game ini pada versi pc, yakni kontrol untuk joystick mengalami error pada analog controlnya tertukar antara yang kiri dan yang kanan, serta arah pergerakannya juga ada yang gak bekerja. Saat mencari informasi dari forum memang semua seperti itu dan disarankan untuk mendownload patch versi terbaru. Setelah dipatch memang benar sudah normal antara L dan R sudah kembali ke posisinya tapi untuk L hanya bisa Left dan Right saja sedangkan Analog R berfungsi hanya Up dan Down saja. Sampai hampir putus asa mau bermain game ini, tetapi ternyata setelah berjam-jam googling ketemu dari forum orang bule dengan menggunakan bantuan software Xpadder untuk remap key board ke joystick.

Berikut tutorial setting Xpadder dalam bentuk video :



Dalam video diatas menggunakan control Xbox 360, untuk joystick yang lain sesuaikan dengan kebutuhan.

Bahan - bahan yang kalian butuhkan :


Mudah bukan remap keyboard ke joystick, bisa juga untuk remap mouse ke joystick. Ok, selamat mencoba dan happy gaming! dan semoga artikel singkat tentang remap keyboard ke joystick controller ini bermanfaat.