Software Wajib Terinstall di PC / Laptop

Software wajib terinstall di pc / laptop - Software punya fungsinya masing - masing untuk mempermudah aktifitas kita baik untuk masalah kerjaan atupun hanya sekedar mengisi waktu luang. Ada banyak sekali macam dan jenis software yang terkadang membuat kita bingung dan banyak dari kita yang melakakukan kesalahan dengan menginstall software yang memiliki fungsi sama lebih dari satu. Sebisa mungkin installah software yang memang kita butuhkan dan jangan menginstall banyak software yang memiliki fungsi sama, misal seperti software web browser cukup satu atau dua saja, tidak perlu menginstall banyak karena terlalu banyak software terinstall bisa mempengaruhi kinerja kompute.

Software Wajib Terinstall di PC / Laptop

Software - software yang wajib terinstall di PC / Laptop

Antivirus
Antivirus adalah software yang paling penting untuk menjaga keamanan pc dan laptop kita, yang kita butuhkan adalah satu antivirus yang dapat menangani berbagai macam jenis malware dan virus lainnya. Saya merekomendasikan Avast Antivirus, walaupun memakai yang Free Edition sangat ampuh dalam menangkal berbagai jenis virus. Download Avast klik disini.

Cleaner dan System Management
Software yang kita butuhkan untuk menangani hal ini adalah sebua software yang mampu mendeteksi penyebab pc lemot dan bekerja kurang optimal, mulai dari registry error, cache, file temporary dan masih banyak lagi. Saya lebih suka memakai Glary Utility, software yang cukup powerfull untuk mengatasi berbagai jenis masalah penyebab pc / laptop tidak berjalan optimal. Glary Utility bisa anda dapatkan disini.

Backup Manager
Penting sekali untuk membuat backupan dari data penting kita, banyak software backup manager yang menwarkan backup online dan offline tapi saya sendiri kurang begitu tertarik dengan backup manager online karena kita tahu bahwa internet di indonesia lemot sekali. Software atau tool yang saya gunakan adalah Norton Ghost tidak hanya membackup data pentingnya tetapi sekalian backup sistem operasinya.

System Freeze
System freeze adalah sebuah software yang berfungsi untuk membekukan data anda sehingga aman dari virus dan hal - hal lain yang merusak file system komputer. Banyak yang memakai Deep Freeze namun menurut saya ini kurang nyaman jika dipakai pribadi karena setiap kita menyimpan data di drive yang kita lindungi pasti terhapus dan juga setiap kita melakukan perubahan pada software yang kita install di drive terlindungi juga akan kembali lagi. Jika untuk digunakan diwarnet software ini sangat tepat sehingga meminimalisir kerusakan dan maintenance yang melelahkan. Untuk System Freeze yang saya gunakan adalah Rollback RX kelebihannya kita bisa mengatur kekondisi awal secara manual tidak seperti deep freeze yang setiap restart.

Software Office
Untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan kata dan data software yang pasti digunakan adalah Microsoft Office. Tetapi ada banyak juga alternatif gratisannya seperti Libre Office atau Open Office.

Pdf Reader
Pdf Reader berfungsi untuk membaca file dokumen bertipe pdf, Pdf Reader yang saya rekomendasikan adalah Foxit Reader pdf reader terbaik menurut saya.

Multimedia ( Musik dan Video )
Untuk mengani pemutaran video dan musik ada beragam software yang dapat kalian pilih mulai dari Gom Player, KM Player, Aim Player, Vlc Media Player dan masih banyak lagi. Saya sendiri lebih nyaman memakai Gom Player untuk menangani file Video dsan saya kombinasikan dengan K-Lite Mega Codec Pack sedangkan untuk Musik saya memakai default bawaan windows.

Desain Ringan
Untuk yang sekedar melakukan editing foto atau grafis lain dan vektor, Software standar yang harus di install adalah Photoshop dan Corel Draw. Sedangkan bagi yang suka editing Video standar bisa memakai Windows Movie Maker atau Ulead Video Studio.

Foto Manager
Untuk melakukan management dan mempreview foto, Google Picasa adalah software yang menakjubkan dan layak anda coba.

Web Browser
Web browser apa yang bagus mungkin ini tergantung dari favorit masing - masing. Browser yang paling banyak digunakan adalah Mozilla Firefox dan Google Chrome.

CD / DVD Burning
Nero adalah aplikasi yang tepat untuk melakukan burning CD dan DVD. Alternatif yang bisa dipakai juga banyak seperti Img Burn atau CD Burner XP. Software yang saya pakai adalah Nero dan untuk management iso saya merekomendasika Ultras ISO.

Pengola Arsip
Ini aplikasi yang cukup penting, karena hampir setiap hari kita pasti mengelola file arsip (zip/rar) bisa dari file yang kita download atau kiriman email dan data yang biasa kita copy. Software yang sering dipakai adalah Winrar dan 7zip.

Download Manager
Untuk urusan download manager pasti kebanyakan anda juga tahu kalau Internet Download Manager yang terbaik, alternatif gratisnya bisa memakai Free Download Manager.

Komplement PC
Ini adalah software pelengkap untuk PC yang mendukung kelancaran berjalannya sofware - software di Pc atau Laptop kita.
Diantaranya :
.Net Framework
Direct X
Visual C++ Redistributable Package

Messenger
Apliakasi yang kita gunakan untuk chatting seperti Yahoo! Messenger. Dan ada banyak lagi beragam alplikasi yang dapat kalian gunakan jadi sesuaikan dengan pilihan dan kesukaan masing - masing.

Cara mendapatkan software secara gratis dan legal

Untuk mendapatkan software - software tersebut secara gratis kalian bisa mengunjungi link dibawah ini :

Kalian bisa menemukan beragam software gratis disana yang kalian butuhkan, dua situs diatas adalah situs legal jadi artinya kalian tidak akan mendapatkan software crack disana.

Saya rasa cukup sampai disini ulasan tentang software wajib terinstall di pc / laptop yang merupakan software - software penting untuk semua kebutuhan komputansi kita, selebihnya tambahakan sesuai kebutuhan dan pekerjaan anda masing - masing. Semoga bermanfaat.