Cara Masuk Safe Mode di Windows 8 dan Windows 8.1

Cara masuk safe mode di windows 8 berbeda dari windows versi sebelumnya yang tinggal memencet F8 saat sebuah komputer dihidupkan. Memang telah terjadi banyak perubahan pada windows 8 ini dibandingkan windows versi sebelumnya, masuk ke save mode secara default di windows 8 bisa melalui Advance Options. Pada windows 8 fitur safe mode dengan menekan F8 tidak diaktifkan. Sehingga untuk membuat windows 8 kita bisa masuk safe mode kapan saja yang kita inginkan kita harus mengaktifkan fitur ini.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 8

Cara masuk safe mode di Windows 8/Windows 8.1


Berikut cara mengaktifkan fitur safe mode di windows 8 :
  • Masuk ke Command Prompt sebagai Administrator (Klik Start, kemudian pada kolom  Search , ketik cmd,  kemudian tekan secara bersamaan CTRL+SHIFT+ENTER)
  • Setelah layar command prompt terbuka kemudian ketik "Bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu yes"
  • Sekarang silakan restart komputer dan coba tekan F8 untuk masuk ke safe mode.
  • Untuk menonaktifkan kembali perintahnya diubah dari yes ke no "Bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu no"

Cara lain masuk safe mode windows 8 :
Cara yang kedua dengan menahan tombol shift saat merestart PC, caranya :
  • Pertama hidupkan dahulu PC anda, kemudian tekan dan tahan tombol shift sambil merestart PC melalui charms bar.
  • Saat restart anda bisa memilih safe mode seperti apa yang diinginkan, F4 untuk safe mode, F5 untuk safe mode with networking dan F6 untuk safe mode with command prompt.

Perbedaan dari cara masuk safe mode di windows 8 diatas adalah jika cara pertama telah diaktifkan kita bisa masuk kesave mode kapanpun yang kita inginkan sehingga jika windows 8 kita mengalami error kita bisa masuk ke save mode dengan mudah berbeda dari cara yang kedua. Baca juga tips dan trik lain mengatasi masalah pada windows 8. Semoga bermanfaat!