Cara Mencegah dan Meminimalisir Berbagai Serangan Virus Malware

Cara mencegah dan meminimalisir berbagai serangan virus malware versi RachmadShare akan penulis bagikan dan cukup terbukti ampuh sampai saat ini. Ini adalah lanjutan dari artikel yang saya tulis kemarin tentang perbedaan malware. Mencegah selalu lebih baik dari pada mengatasi infeksinya, karena infeksi malware bisa sangat berbahaya dan fatal akibatnya, selain bisa merusak system yang mengharuskan install ulang juga dapat merusak hardware. Install ulang dan kerusakan hardware jadi hal yang sangat menyeramkan khususnya bagi mereka yang kurang pengalaman dalam bidang komputer. Meski kita bisa menginstall ulang tapi melakukan install ulang jika setiap komputer error sangat melelahkan, tapi penulis menemukan tips agar kita terhindar dari install ulang dan tentu saja segala jenis malware.

Cara Mencegah dan Meminimalisir Berbagai Serangan Virus Malware

Cara Mencegah dan Meminimalisir Malware

Berikut ini penulis akan membagikan bagaimana penulis terhindar dari segala jenis malware-malware berbahaya tersebut :

#1 Melakukan Backup OS (Operating System)

Cara paling ampuh adalah membackup sistem operasi kita, ini biasanya saya lakukan pada saat komputer selesai diinstall ulang dan disetting sedemikian rupa sehingga komputer nyaman digunakan. Andalan saya untuk proses backup sistem operasi adalah Norton Ghost.

#2 Menginstall System Restore Software

Ini sangat wajib bagi saya, saya suka software sistem restore yang dapat kita atur kapan ingin dikembalikan kesemula baik terjadwal maupun manual. Dan saya menjatuhkan pilihan ke Rollback RX. System restore software terbaik yang pernah saya coba tidak seperti deepfreeze, Rollback RX bisa kita atur kapan waktu untuk merestore. Rollback RX cukup membantu penulis dalam melakukan uji coba maupun otak atik system komputer tanpa takut terjadi error karena setiap error tinggal kita kembalikan ke waktu dimana kita membuat snapshot. Rollback juga ringan dan hanya butuh beberapa detik untuk membuat snapshotnya. Sayangnya ini bukan software gratisan.

#3 Menginstall Antivirus

Antivirus terbaik dan gratis untuk perlindungan maksimal PC maupun laptop penulis percayakan pada Avast. Kenapa penulis sering merekomendasikan antivirus Avast, Avast meskipun versi gratis tetap memberikan perlindungan terbaik dan penulis telah uji coba pada banyak perangkat komputer baik pribadi, teman maupun pada warnet dan hasilnya memuaskan. Avast memberikan perlindungan secara menyeluruh baik dari malware yang menyerang melalui removable disk, jaringan lan, disk, internet dan masih banyak lagi. Sebenarnya penulis tidak dibayar untuk mempromosikan Avast jadi mungkin jika anda sudah punya pilihan sendiri dan telah melakukan uji coba bisa pakai antivirus andalan masing-masing tapi usahakan selalu mengupdate database antivirus anda.

Jika ada yang bertanya kok sedikit sekali tips cara mencegah malwarenya, banyak blogger yang menulis banyak tips mulai berhati-hati dalam browsing, berhati-hati dalam pemakain flashdisk dan banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tapi menurut penulis jika kita memilih antivirus yang tepat kita tak perlu melakukan semua itu. Dan avast cukup baik untuk menghandle semua jenis malware yang ingin merasuki komputer kita.

Dari tiga tips diatas artinya kita melakukan 3 jenis proteksi terhadap komputer kita, yang pertama memilih antivirus yang tepat, nah jika antivirus kita ternyata masih bisa disusupi oleh malware jenis baru kita masih punya proteksi system restore software dari Rollback RX. Dan terakhir jika suatu saat Rollback ternyata mengalami error juga kita masih punya backup sistem operasi kita yang telah kita buat dengan Norton Ghost. Dengan Norton Ghost kita bisa mengembalikan windows seperti saat pertama kita membuat backupannya. Pernah dengar ada yang bilang install windows cuman 5 menit? software norton ghost inilah salah satu rahasianya. Penulis sendiri punya 3 jenis backup windows yang dibuat dengan Norton Ghost, mulai XP, windows 7 hingga Windows 8. Jadi ketika ingin berganti OS cuma butuh 5 menit untuk instalasinya.

Jika anda tertarik ingin mengikuti cara yang saya pakai diatas anda bisa membaca cara saya membangun PC powerfull dan kebal virus, dan Insya Allah nanti akan saya buatkan yang versi keduanya dimana mengganti wondershare time freeze dengan Rollback RX. Terimakasih telah membaca cara mencegah dan meminimalisir berbagai serangan virus malware dan semoga bermanfaat!