Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector Lewat Command Promt

Cara mengatasi harddisk bad sector lewat command promt cukup mudah dilakukan oleh siapa saja dan tentunya kita tak perlu harus mendownload software khusus karena kita akan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Windows. Mungkin belum banyak yang tahu apa itu bad sector, sederhananya Bad Sector adalah bagian-bagian penyimpanan dari hardisk yang mulai rusak atau error karena beberapa hal seperti dari mematikan komputer tidak sesuai prosedur, mati listrik, penataan file yang buruk, virus, hardisk jatuh dan lain sebagainya.

Harddisk yang terkena bad sector cukup mengganggu aktifitas komputansi kita, biasanya akan terjadi delay yang cukup lama / lemot saat proses read pada salah satu sektor yang rusak. Nah bad sector sendiri terdiri dari 2 jenis, pertama Hard Bad Sector atau dikenal dengan Physical Bad Sector dan yang kedua Soft Bad Sector atau dikenal dengan Logical Bad Sector.

Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector Lewat CMD

Hard Bad Sector (Physicla Bad Sector)
Kerusakan ini adalah kerusakan yang tidak dapat diperbaiki karena berhubungan langsung dengan kerusakan fisik hardisk, umumnya terjadi karena "Head Cash" yaitu kondisi dimana Head terjadi kontak dengan Platter yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada hardisk. Bisa juga karena cacat produksi dan benturan keras seperti terjatuh dan lain - lain.

Soft Bad Sector (Logical Bad Sector)
Soft bad sector berbeda dengan hard bad sector karena kerusakan ini masih bisa diperbaiki menggunakan Command Promt atau dengan software - software yang banyak beredar tetapi kali ini kita akan memanfaatkan software bawaan windows saja.

Tutorial Mengatasi Hardisk Bad Sector dengan Command Promt

Berikut tutorial mengatasi harddisk yang terkena bad sector ringan atau soft bad sector (logical bad sector) :
  • Pertama tekan kombinasi "Windows + R" untuk memunculkan kotak dialog run
  • Isikan "c:\Windows\System32\" dan tekan enter
  • Muncul jendela baru dan cari "cmd.exe" klik kanan dan "Run as administrator", akan muncul Command Promt yang kita jalankan sebagai administrator
  • Berikutnya ketikan "chkdsk /r /f d:"
  • Silakan tunggu prosesnya sampai selesai.
Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector Lewat Command Promt

Keterangan :
  • chkdsk (adalah perintah pengecekan harddisk)
  • /r (adalah perintah untuk memindahkan bad sector)
  • /f (adalah perintah untuk memperbaiki error)
  • d: (adalah posisi harddisk internal atau eksternal yang akan kita perbaiki, kebetulan pada komputer saya berada pada drive d)
Dengan cara diatas bad sector akan diatasi dengan catatan masih dalam kerusakan ringan, jika telah parah biasanya saya menggunakan tool yang ada pada hiren boot cd untuk melakukan pendeteksian dan penyelesaiannya, seperti menggunakan tool hd tune untuk menganalisi sektor mana saja yang rusak, dan menggunakan Minitool partition wizard untuk melakukan penyekatan dan pemotongan pada sektor-sektor yang rusak tersebut. Didalam hiren boot cd sendiri ada banyak tool-tool yang bisa kita pakai untuk untuk mengatasi harddisk bad sector dan tool - tool lain yang terbilang komplit untuk maintenance dan reparasi komputer kita. Sekian cara mengatasi harddisk bad sector lewat command promt dan semoga bermanfaat.