Cara Memperbaiki Windows 7 Gagal Booting dengan Startup Repair

Gagal booting pada windows 7 bukanlah hal yang susah untuk diatasi, karena itu bisa diperbaiki dengan startup repair. Startup repair sendiri merupakan sebuah tool yang terdapat pada sysytem recovery yang sediakan oleh microsoft untuk melakukan perbaikan pada windows jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan, entah karena virus atau kita secara tidak sengaja menghapus file system. Windows 7 secara otomatis menginstal tool Startup Repair pada partisi sistem operasi windows yang memungkinkan kita dengan mudah dapat menggunakannya. Ketika windows gagal booting secara otomatis akan membuka tool Startup repair dan akan melakukan troubleshoting pada komputer kita. Startup repair ini akan memperbaiki setiap kerusakan yang mengakibatkan gagal booting jika memungkinkan atau jika kerusakan windows masih dalam tahap dapat diatasi dan belum terlalu parah sehingga dapat kembali booting seperti biasa. Perlu diperhatikan sebelum menjalankan program startup repair, pastikan bahwa flashdisk atau hdd external anda tidak dalam keadaan terpasang.

Cara memperbaiki windows 7 gagal booting lewat startup repair

Jika Windows 7 anda tidak bisa booting seperti biasa dan tidak bisa membuka program startup repair yang ada dipartisi sistem operasi maka anda dapat menggunakan DVD Instalasi windows 7 anda. Untuk cara reparasi gagal booting dengan startup repair bisa anda coba ikuti langkah-langkah yang akan saya share dibawah. Sebelum melanjutkan lihat juga ulasan kami seputar mengatasi komputer yang tidak bersuara.

Cara Repair Windows 7 yang Gagal Booting dengan Startup Repair

Langkah-langkah reparasi gagal booting windows kurang lebih seperti ini :
  • Masuk ke BIOS dan setting agar boot pertama dari CD/DVD ROM
  • Ketika muncul "press any key to boot from cd or dvd" silahkan tekan sembarang tombol
  • Pilih "Repair your computer" yang ada dipojok kiri bawah ketika menu install keluar
  • Pada "System recovery tool" pilih "Use recovery tools..." dan klik next
  • Maka akan muncul beberapa pilihan menu dan pilih "Startup repair"
  • Silahkan tunggu Proses reparasi hingga selesai dan klik "Finish" ketika selesai.
Memperbaiki windows 7 gagal booting 1

Memperbaiki windows 7 gagal booting 2

Memperbaiki windows 7 gagal booting 3

Sebagai catatan bahwa startup repair juga belum tentu dapat memperbaiki semua masalah gagal booting pada windows anda karena setiap kerusakan yang mengakibatkan gagal booting bisa bermacam-macam, selain menggunakan startup repair anda juga dapat memanfaatkan tool system recovery lain yang disediakan microsoft. Nah bagi anda yang tidak ingin mengalami masalah seperti ini ada baiknya anda melakukan backup pada sistem operasi anda baca tutorial backup sistem operasi windows. Demikianlah sedikit tips mengatasi windows 7 yang gagal booting dengan startup repair, semoga bermanfaat.