Alasan Kenapa Harus Beralih Ke Windows 8

Alasan kenapa harus beralih ke windows 8, beberapa waktu yang lalu setelah kemunculan Windows 8 yang lagi heboh-hebohnya, saya sama sekali tak melirik os ini bukan karena tidak suka tetapi karena spek pc saya yang pas-pasan dan bisa dibilang minim sekali. Dan saya berpikir windows 8 merupakan system operasi yang berat tetapi saya salah, windows 8 jauh lebih ringan dari windows 7, dan bahkan menurut beberapa sumber yang saya dapat windows 8 masih lebih ringan daripada windows xp.

Alasan Kenapa Harus Beralih Ke Windows 8

Uji coba windows 8 di pc jadul

Perkenalan dengan windows 8 terjadi saat bertemu dengan salah satu teman saya yang baru lulus smk, saat itu di notebooknya telah terinstall windows 8, setelah saya lihat ternyata spek notebooknya gak jauh beda dengan pc saya. Lalu saya coba bandingkan dengan OS windows 7 yang saat itu terinstall di pc saya yang jadul Dual Core E5800, saya terkejut melihat perbandingan pemakaian Memory RAM yang lebih kecil, dengan RAM yang hanya 1GB hanya terpakai kurang dari 50% kondisi tanpa ada software dan antivirus yang berjalan, sedangkan di pc saya dalam kondisi yang sama memakan + 75 %.

Dan setelah saya uji coba pada pc saya dengan spek super jadul ternyata memang benar Windows 8 lebih ringan dari Windows 7, namun ada sedikit permasalahan pada waktu itu yakni sulitnya mencari driver vga dan chipset yang kompatibel. Beberapa driverpack versi terbaru yang saya download pun masih belum bisa menginstall driver dengan sempurna. Dan akhirnya harus bersusah payah mencari manual, ya wajar sih klo sulit namanya juga pc jadul tapi semua terbayar setelah windows 8 sukses terinstall dengan sempurna beserta drivernya.

Spek PC yang saya pakai untuk uji coba windows 8 :

Mobo             : Advance G31
Procie            : Dual Core E5800 3,2 Ghz
VGA             : GMA 3100 256MB (Onboard bawaan mobo)
RAM             : 1 GB

Berikut kelebihan / keunggulan lain windows 8 yang bisa anda pertimbangkan :

  • Lebih ringan, Windows 8 lebih ringan dibandingkan Windows 7, karena memang system yang digunakan telah berbeda tidak sama halnya dengan windows 7 yang menggabungkan xp dan vista.
  • Task Manager lebih powerfull, Tampilan Task Manager Windows 8 lebih memukau dan sangat terlihat lengkap. 
  • Ribbon WE, Ada Ribbon pada windows explorer, tetapi tampilan file juga lebih banyak di Windows 8 dari pada windows 7, dengan resolusi yang sama.
  • Lock Screen, Lock screen pada Windows 8 tidak menutup semua program dan dokumen, tidak seperti log off pada windows versi sebelumnya.
  • Praktis Buka Aplikasi, Untuk berpindah aplikasi, cukup rapatkan mouse kelayar sebelah kiri, jadi tidak perlu lagi LT+TAB seperti pada Windows 7.
  • Pencarian file lebih fleksibel, Fitur Pencarian pada Windows 8 lebih simpel dan fleksibel.
  • Optimalkan untuk layar sentuh, Windows 7 memang telah mendukung Layar Sentuh, namun pada Windows 8 lebih dioptimalkan.
  • Mendukung chip ARM, Windows 8 telah mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Karena Kebanyakan Tamblet saat ini sudah menggunakan chip ARM. 
  • Mendukung NFC (Near Field Communications), Yaitu sebuah fitur untuk melakukan transaksi keungan digital.
  • Waktu boot yang singkat, Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.
  • Sekuriti lebih baik, Windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekuriti lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini.
  • Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC, Jika anda sudah menggunakan Windows 7 sebelumnya, maka anda bisa gunakan Windows 8 ini, tanpa harus Upgrage atu bahkan ganti PC.
 Ada Kelebihan pasti juga ada kekurangannya juga, apalagi windows 8 belum versi final seperti windows 7 yang telah dipack dalam Windows 7 SP 1. Pasti penasaran juga kan dengan kekurangannya?

Kekurangan / kelemahan Windows 8

  • Jika anda menginstall banyak software maka tampilan start menu akan terlihat semrawut, tapi bisa diakali dengan menghapusnya dari start menu.
  • Kemudahan berpindah aplikasi dengan menggeser mouse ke pojok kiri atas ternyata juga punya kesulitan saat kita membuka banyak software, tapi tenang kombinasi Alt + Tab masih ada kok.
  • Metro yang menjadi pusat perhatian banyak orang menjadi masalah karena Jika install Windows 8 pada PC maka anda akan merasa aneh,karena fitur touch screen yang ada ditablet akan muncul Di PC.
  • Konten Flash pada Windows 8 tidak bisa berjalan pada Tablet mungkin Microsoft akan menjaga rahasia Source Code agar tidak dapat dibongkar.

Baiklah sobat, itu tadi sedikit ulasan singkat saya tentang alasan kenapa harus beralih ke windows 8, telah saya sebutkan juga kelebihan dan kekurangan windows 8 ini untuk dijadikan pertimbangan, namun tidak ada salahnya mencoba karena setiap orang pasti punya pendapat yang berbeda. Sekian dan semoga ulasan singkat tentang keunggulan dan kelebihan windows 8 ini bermanfaat.