Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Sesuai Keinginan dan Budget

Artikel Tips memilih laptop gaming ini saya tulis untuk memudahkan para gamer yang masih bingung untuk membeli laptop gaming dengan spek yang tepat dan dengan harga laptop yang sesuai budget. Mencari laptop gaming memang bukan hal yang mudah karena kebanyakan harga laptop gaming itu mahal dan diharapkan setelah membaca artikel ini sobat bisa menentukan laptop seperti apa yang sobat akan beli, itu semua juga tergantung untuk game seperti apa yang sobat ingin mainkan. Semisal jika untuk game - game baru membutuhkan spek yang lumayan tinggi karena game terbaru saat ini bukan tergolong berat lagi tetapi super berat.

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Dengan Harga Murah

Beberapa faktor dalam memilih laptop gaming

Spesifikasi laptop game

Disini spesifikasi laptop untuk gaming sangat penting dan merupakan faktor utama, untuk memilih laptop yang tepat untuk gaming yang perlu kita perhatikan adalah Processor, VGA, RAM, Hardisk dan Display.

Processor

Proccesor merupakan otak komputer, jelas sekali kalau otaknya cerdas pasti kerja komputernya juga ringan. Untuk Proccesor sendiri banyak para dekstop gaming yang menjatuhkan pilihan di core i5 2500k, beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih processor adalah pilih processor dengan cache yang besar karena semakin besar semakin bagus, berikutnya adalah clockspeed dari processor tersebut pilih processor dengan speed antara 2 - 3 GHz, semakin cepat juga semakin bagus tetapi itu sudah cukup bagus untuk memainkan game-game kelas berat. Processor yang direkomendasikan setidaknya sudah generasi core i3 untuk Intel dan Athlon X3 untuk AMD.

VGA Card (Kartu Grafis)

Selain processor VGA card memiliki peran penting dalam merender grafis, setinggi apapun spek laptop jika kartu grafisnya lemah maka akan terjadi lag dan bahkan bottleneck. Lalu bagaimana menentukan VGA yang tepat? Untuk laptop pastikan memiliki VGA eksternal jangan membeli laptop dengan VGA internal untuk gaming misal Intel HD Graphic, setinggi apapun VGA onboard tak akan sebagus performa VGA eksternal / VGA Card. Berikutnya adalah pastikan VGA memiliki resolusi yang bagus yakni 256bit lebih, pastikan juga versi DDR yang terbaru misal sekarang DDR5, dan terakhir adalah besar Memorynya 1 GB sudah cukup mumpuni jika DDR5.

RAM (Random Acces Memory)

RAM dibutuhkan untuk menjalankan semua program, software maupun game, karena berfungsi sebagai memory sementara. RAM yang terlalu kecil sangat tidak nyaman untuk bermain game selain bisa lag juga bisa membuat game berjalan lambat. Jenis dan generasi RAM juga penting, carilah RAM dengan Jenis DDR3 (terbaru saat ini) dengan lebar bandwith 12800, umumnya ada yang PC 5300, PC 6400 dll. RAM 2GB DDR3 PC12800 berarti RAM tersebut bertipe DDR3, mempunyai kapasitas penyimpanan data sementara 2 GB dengan kemampuan membaca data 12800 Mb perdetik, dan tentu saja semakin besar semakin bagus. RAM yang direkomendasikan setidaknya 4GB.

Hardisk Storage (HDD dan SDD)

Game- game terbaru saat ini ukurannya besar - besar jadi ada baiknya sobat memilih laptop dengan hardisk yang lebih besar pula, tapi jangan maksa cari yang 2TB, 500GB sudah lumayan koq. Lebih baik lagi jika tipe hardisk yang dipakai sudah SDD karena jauh lebih cepat dari HDD.

Display

Display tidak begitu berperan penting sebenarnya karena yang berperan cukup vital adalah Processor, VGA Card dan RAM. Kenapa Layar juga saya sebutkan? ini karena soal kenyamanan sobat, setinggi apapun kartu grafis jika Displaynya buruk maka sobat tidak akan bisa menikmati tampilan dan efek yang bagus. Tetapi untuk laptop saat ini displaynya sudah termasuk bagus.

Harga Laptop Game

Setelah menentukan spek yang tepat saatnya kita memilih harga yang tepat, harga sendiri bisa bervariasi tergantung merek yang sobat pilih. Saran saya sesuaikan saja dengan kebutuhan bermain game, pilihlah harga yang terjangkau saja misal jika kebutuhan game hanya menengah kebawah banyak laptop dengan harga 3-5 jutaan yang masih mumpuni untuk game tersebut. Beda lagi jika anda maniak game mungkin butuh laptop dengan harga 5 jutaan keatas untuk memainkan semua jenis game-game terbaru saat ini.

Kualitas Laptop Game

Kualitas sangat penting menentukan keawetan sebuah laptop jadi pilihlan laptop dengan merek yang sudah dikenal baik di masyarakat jangan tergoda dengan laptop murah namun ternyata murahan. Seputar kualitas bukan hanya keawetan saja tapi bisa jadi tentang kemudahan suku cadang dan kemudahan servis jika laptop mengalami kerusakan baik karena faktor kesengajaan atau faktor tertentu.

Kesimpulan Memilih Laptop Gaming Yang Tepat

Dari artikel diatas setidaknya sobat sudah punya gambaran tentang bagaimana cara memilih laptop gaming terbaik yang tepat sebelum mulai membeli laptop game. Pertama dari spesifikasi kita cari yang benar - benar cocok dengan kebutuhan kita dan disesuaikan juga dengan kebutuhan, terlalu rendah juga kurang nyaman tapi terlalu tinggi juga sia-sia jika hanya digunakan untuk game - game ringan seperti game house. Kedua masalah harga, ini penting untuk memilih laptop dengan spesifikasi game yang tepat namun dengan harga yang ekonomis. Dan terakhir masalah kualitas, untuk yang satu ini mencari laptop gaming murah berkualitas sangat perlu dilakukan, apalagi untuk gaming laptop akan bekerja lebih keras dari biasanya.