Apa Itu Virtual Machine dan Apa Fungsinya

Virtual machine adalah kata yang mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita, entah sering mendengar atau sesekali mendengar atau mungkin anda seorang geek yang paham seputar virtual machine. Tapi masih banyak ternyata yang belum tahu apa itu virtual machine, contohnya penulis sendiri baru mengenal lebih dalam tentang virtual machine meski telah lama mendengar istilah itu tapi baru kemarin mencobanya sendiri itupun karena terdesak masalah aktifitas blogging ini. Dan setelah saya mencobanya ternyata sangat memuaskan untuk semua aktifitas blogging saya terutama untuk uji coba software-software trial version, lumayan bisa unlimited trial version dengan virtual machine. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian dan fungsi virtual machine silakan dibaca ulasan singkat dari saya berikut.

Apa Itu Virtual Machine dan Apa Fungsinya

Pengertian Virtual Machine

Saya kutip dari wikipedia virtual machine atau biasa disebut VM adalah sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli seperti yang diungkapkan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974. Dewasanya Virtual Machine merupakan software yang digunakan untuk mensimulasikan lingkungan kerja suatu perangkat komputer secara virtual. Jadi anda tidak perlu menambah hardware apapun disini, cukup dengan simulasi saja. VM akan membuat kumpulan perangkat virtual mulai dari BIOS, Harddisk, memory dan lain-lain sehingga anda bisa menjalankan berbagai macam OS dari sana. Namun OS harus dijadikan disc "virtual" (ISO) terlebih dahulu supaya bisa diinstall di VM. Jadi gampangnya virtual machine adalah sebuah perangkat virtual yang akan memvirtualisasi hardware secara lengkap seperti sistem aslinya.

Dalam Virtual machine mengenal dua istilah yaitu Host OS dan Guest Os. Host OS adalah sistem operasi dimana virtual machine diinstall sedangkan Guest OS adalah sistem operasi yang diinstall pada virtual machine. Dengan virtual machine sobat bisa menginstall banyak OS didalam OS bawaan Laptop / komputer sobat. Virtual machine biasa saya manfaatkan untuk uji coba OS sehingga tanpa takut terjadi kesalahan yang menyebabkan kerusakan hardware selain itu juga untuk memanage banyak akun - akun penting yang mengharuskan mempunyai lebih dari 1 pc, karena setiap OS yang diinstall pada virtual machine memiliki MAC Addres yang berbeda.

Software - Software Virtual Machine

Setelah sobat tahu lebih dalam apa definisi dari virtual machine berikutnya sobat juga harus tahu software - software virtual machine. Namun pada umumnya yang paling banyak digunakan adalah Virtual Box dari Oracle dan VMware Player. Disini saya lebih memilih Virtual Box karena lebih ringan dari VMware yang membutuhkan lebih banyak resource.

Fungsi-fungsi Virtual Machine

Apa saja fungsi virtual machine, melihat dari kebutuhan kita banyak sekali fungsi dari virtual machine ini yang bisa kita eksplorasi.

Mencoba sistem operasi
Dengan virtual machine kita bisa bebas mencoba berbagai jenis sistem operasi yang kita mau, mulai windows, linux, dan lainnya. Misalnya ingin mencoba sistem operasi baru seperti Windows 8.1 update 2 atau Ubuntu 14, dan jika tidak suka tinggal hapus saja. Dengan virtual machine kita seperti memiliki pc dual boot, sayangnya virtual machine tidak seringan dual boot tapi dengan dukungan spek pc yang lumayan bisa membuat kinerja virtual machine juga stabil dan lancar.

Uji coba software
seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya biasa mencoba berbagai software-software trial di virtual machine, sering juga mencoba beragam software yang dirasa membahayakan komputer utama. Dan bisa juga digunakan untuk uji coba software di sistem operasi berbeda.

Menjalankan software/game jadul
Banyak software dan game lama yang tidak kompatibel dengan sistem operasi terbaru, solusinya bisa menggunakan virtual machine ini, misalnya seperti software dan game yang hanya bisa berjalan di Windows XP.

Segala jenis percobaan bisa kita lakukan divirtual machine dengan syarat hardware kita mumpuni tapi sebelumnya kita harus membangun pc yang kuat dan kebal virus terlebih dahulu. Semoga sedikit ulasan pengertian dan fungsi virtual machine ini bermanfaat.