Tips Mengatasi Aplikasi Google Play Store Error Tidak Bisa Berjalan / Menutup Sendiri

Mengatasi aplikasi google play store error tidak bisa berjalan atau dibuka dan sering berhenti sendiri sangatlah mudah. Berawal dari salah satu smartphone android saya yang tiba-tiba aplikasi Play Storenya menutup sendiri dan tidak bisa dibuka kembali saya mulai mengira-ngira bahwa itu disebabkan spesifikasi RAM yang kurang sehingga aplikasi tersebut berjalan kurang maksimal, namun ternyata setelah saya coba menghentikan dan menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai ternyata Play Store saya masih tetap tidak bisa dijalankan. Dan jika bisa berjalan ternyata sering force close / menutup sendiri dengan muncul peringatan seperti berikut dibawah ini.

Mengatasi aplikasi google play store tidak bisa berjalan

"Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped"

Tips Memperbaiki Aplikasi Google Play Store Error Tidak Bisa Berjalan / Menutup Sendiri

Berikut ini beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi playstore kamu error yang sudah saya coba terapkan dan berhasil :
  • Pertama masuk ke menu "setting / Pengaturan"
  • Buka Application Manager / Menejer Aplikasi
  • Arahkan ke Tab "All" / "Semua"
  • Klik options dan pilih "Reset app preferences" / "Reset preferensi" aplikasi akan muncul notifikasi dan pilih "Reset apps" / "Reset aplikasi"

Mengatasi google play store error

Dengan cara tersebut aplikasi Google play store saya kembali normal dan berjalan dengan baik. Dengan cara ini ternyata tidak menghapus data apapun dan ini termasuk cara aman menurut saya. Dan cara ini bisa juga untuk digunakan untuk mengatasi aplikasi-aplikasi lain yang error. Dan jika cara ini tidak berhasil cobalah untuk mendownload ulang play store melalui pc / komputer. Kamu bisa memanfaatkan situs APK Downloader untuk mendownload aplikasi yang kamu inginkan dari Google Play Store untuk langkah dan cara mendownload aplikasi android melalui PC akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya.

Semoga sedikit tips yang saya bagikan ini bisa mengatasi aplikasi google play store kamu yang error. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga emulator android paling ringan untuk kamu yang ingin mencoba android pada laptop kamu.