Cara Mengatasi Komputer / Laptop Yang Tidak Bersuara

Cara mengatasi komputer/laptop yang tidak bersuara atau tidak ada suara bukan hal yang sulit anda bisa mencobanya mengatasinya sendiri dengan panduan yang kami berikan ini. Bagi mereka yang awam masalah komputer tidak bersuara pasti membuat mereka bingung, karena meski semua kabel sudah tercolok dengan baik tapi belum juga bisa mengeluarkan suara. Jika ini terjadi pada radio tape mungkin semua orang dapat dengan mudah menemukan kerusakannya, karena biasanya hanya terdapat pada kabelnya. Namun jika pada komputer terdapat banyak sekali aspek yang perlu diperiksa saat komputer tidak bersuara. Mulai dari masalah hardware hingga software yang perlu kita periksa satu persatu untuk mencari penyebab dan mengatasinya.

Mengatasi komputer/laptop tidak bersuara

Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Bersuara

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permaslaahan komputer kamu yang tidak bersuara. Umumnya terjadi kesalahan pada driver sound atau bahkan bisa jadi belum terinstall dengan sempurna.
  • Pertama silahkan periksa Sound card pada komputer anda. Klik start => control panel => system and security => klik device manager pada menu system. Klik dua kali pada menu sound, video and game controllers. Pastikan sound card sudah terinstall.
  • Jika menemukan masalah driver pada sound card saat diperiksa di poin yang pertama, silahkan klik kanan lalu pilih update driver software. Nah akan muncul dua pilihan ingin menginstallnya secara online atau dari komputer anda sendiri. Jika anda belum memiliki driver sound card maka pilih install secara online.
  • Periksa dan pastikan driver sudah terinstall dengan sempurna, perhatikan juga settingan pada software driver. Sebagai contoh jika anda menggunakan 'realtek audio manager', ketika anda memasang headphone atau speaker pada komputer anda, maka akan ada pemberitahuan dari driver untuk menentukan jenis device yang baru saja anda pasang, dan pastikan memilih yang sesuai misal anda memasang headphone maka pilihlah headphone pada software driver yang muncul.
  • Nah jika cara diatas belum juga berhasil gunakan Troubleshooter yang disediakan oleh windows, tool ini dapat membantu anda menemukan permasalahan komputer anda mengapa komputer tidak dapat mengeluarkan suara, sehingga setelah menemukan permasalahannya anda dapat segera memperbaikinya. Silahkan kunjungi link berikut ini http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596 silahkan buka link tersebut kemudian pilih open with diagnostics troubleshooting wizard dan klik OK.

Dengan cara diatas komputer anda sudah bisa bersuara kembali, jika ternyata cara diatas belum berhasil mungkin terjadi kerusakan pada sistem audio atau headphone yang anda gunakan. Semoga tips mengatasi komputer tidak bersuara ini bermanfaat. Dan jangan lupa baca juga artikel kami 10 tema keren windows 8.1 dan cara merakit komputer yang tepat.