Tips Memilih Power Suply (PSU) Komputer Terbaik

Tips memilih power suply komputer terbaik berikut akan mengulas tips seputar pemilihan power suply yang merupakan jantung dari komputer. Sering kali power suply menjadi komponen yang tidak diperhitungkan dan terlupakan ketika merakit komputer padahal komponen satu ini sangat penting dalam mencukupi asupan daya pada setiap hardware. Terutama jika anda akan merakit pc dengan spesiffikasi yang tinggi seperti untuk gaming atau video editing, power suply merupakan salah satu kompnen yang harus diperhitungkan. Karena untuk spesifikasi komputer yang tinggi pasti memerlukan daya yang juga lumayan besar. Jika daya PSU yang digunakan tidak mencukupi maka bisa mengakibatkan harware lain bekerja kurang optimal bahkan bisa mengakibatkan kerusakan. Sehingga bisa diasumsikan bahwa dengan memilih PSU yang tepat juga membantu menjaga keawetan hardware komputer kita meliputi motherboard, RAM, Kartu grafis, dan prosesor. Selain memperhatikan daya yang digunakan juga banyak faktor lain yang harus kita ketahui.

Tips Memilih Power Suply (PSU) Komputer Terbaik

Cara Memilih PSU / Power Suply Untuk Komputer Yang Tepat

Berikut ini beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan dalam memilih power suply untuk komputer kamu.
  • Perkirakan dan hitung jumlah daya yang dibutuhkan untuk komputer anda, ada banyak tool diinternet yang bisa membantu kamu seperti extreme power suply calculator dan masih banyak tool lain.
  • Setelah itu cari PSU yang cukup untuk memenuhi daya yang diperlukan komputer kamu.
  • Dalam memilih power suply jangan tergiur dengan PSU yang murah abl-abal, pastikan memiliki merk terpercaya dan reputasi yang bagus, misal seperti Digital Alliance, Seasonic danmasih banyak lagi.
  • Cari informasi diinternet seputar review power suply yang kamu incar biasanya dari sana kamu akan mendapat ulasan dan pendapat dari para konsumen atau bahkan mendapat saran yang lebih baik.
  • Pastikan merk PSU yang kamu pilih telah mendapat minimal cap bronze, yaitu sebuah sertifikat dimana PSU tersebut mampu memberikan efisiesnsi diatas 80% terhadap komputer kamu. Selain itu juga untuk PSU yang telah berlabel 80+ telah melewati serangkain uji coba dan test.

Nah itulah sedikit tips yang bisa kamu pakai dalam memilih power suply komputer terbaik untuk komputer kamu sehingga selain lebih efisien juga membuat umur harware kamu lebih tahan lama. Nah, kalau sudah berbicara mengenai harware seperti PSU ini mungkin kamu juga sedang ingin merakit PC kamu sendiri baca tips merakit pc gaming dan juga merakit pc sesuai kebutuhan.