Tips Memilih Harddisk Eksternal Dengan Kualitas Terbaik

Tips memilih hardisk eksternal dengan kualitas terbaik berikut ini sangat perlu diketahui buat anda yang ingin membeli harddisk ekternal agar mendapatkan harddisk dengan kualitas yang baik, awet dan sesuai dengan yang diharapkan. Dewasa ini harddisk ekternal kian makin dibutuhkan oleh pengguna komputer, mengingat terkadang harddisk internal yang tersedia terkadang spacenya terbatas. Telah banyak laptop yang telah dipersenjatai dengan harddisk internal yang cukup besar namun sekarang laptop-laptop canggih yang menggunakan harddisk tipe SSD umumnya memiliki ukuran yang sangat minim, untuk itu harddisk eksternal sangat kita butuhkan.

Dengan harddisk eksternal yang bekerja dengan menggunakan lebih dari 1 pc tentu sangat terbantu karena file maupun software yang bisa ditampung cukup banyak dibandingkan dengan flashdisk. Untuk itu memilih harddisk yang tepat bukanlah hal yang mudah, dan pada artikel ini saya akan membagikan sedikit tips memilih harddisk eksternal yang tepat.

Tips Memilih Harddisk Eksternal Dengan Kualitas Terbaik

Tips Memilih Harddisk Eksternal Berkualitas Bagus dan Terbaik

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih harddisk eksternal dengan kualitas terbaik yang harus anda ketahui sebelum membelinya.

Sistem Operasi yang Digunakan

Ada perbedaan antara MAC dan PC yakni pada format harddisk yang digunakan, kalau MAC memakai HFS+ dan Windows memakai NTFS. Sehingga para developer umumnya mengeluarkan versi berbeda berdasarkan penggunnaya. Meski OS X bisa membaca NTFS namun kita tidak bisa mengedit dan menulis didalamnya. Sehingga menentukan berdasarkan Sistem operasi ini cukup penting.

Kapasitas Hardisk Eksternal

Kapasitas menjadi perhitungan yang sangat penting berdasarkan kebutuhan kita. Nah disini kita harus benar - benar mempertimbangkan untuk apa hardisk eksternal yang kita ingin beli. Jika untuk sebagai backupan mungkin kita membutuhkan yang berukuran besar. Misal hardisk berukuran 1TB dapat menampung 200 ribu foto yang kita ambil dengan kamera berukuran 6 MP dan dapat menampung 250 ribu lagu dengan kualitas 128kbps MP3.

Kecepatan Rotasi Harddisk

Kecepatan rotasi harddisk menentukan kecepatan baca dan tulis harddisk tersebut semakin cepat semakin baik karena juga akan mempercepat kinerjanya. Harddisk terbaru saat ini sudah ada yang berkecepatan 10.000rpm.

Konektivitas

Pastikan memilih yang telah menggunakan USB 3.0 karena jauh lebih cepat dari USB 2.0 dengan kecepatan transfer hingga 5 gbps sedangkan USB 2.0 hanya 480 mbps. Dan jika menginginkan yang lebih cepat lagi cobalah memilih hardisk yang menggunakan port thunderbolt karena diklaim berkecepatan 2 kali lebih baik dari USB 3.0, sayangnya harga dari harddisk eksternal yang memakai post thunderbolt harga jauh lebih mahal. Telah banyak laptop generasi baru yang menyediakan port ini meski masih belum begitu banyak.

Ketahanan Harddisk

Ketahanan hardisk juga harus diperhatikan berdasarkan pemakain kita, kalau hanya digunakan untuk pekerjaan ringan mungkin harddisk dengan bentuk fisik yang biasa juga tidak masalah. Namun bagi anda yang sering traveling dan berpetualang kekuatam casing harus juga diperhatikan, pilih yang memiliki ketahanan bagus dan tahan terhada benturan.

Fitur

Harddisk eksternal punya fitur - fitur yang menjadi kelebihannya sendiri, dan beberapa fitur yang wajib kita ketahui adalah backup dan password protection. Selebihnya bisa kita sesuaikna denga kebutuhan kita.

Baiklah mungkin sampai disini anda sudah bisa menentukan pilihan dan memilih dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Baca juga tips membagi partisi harddisk dan mengatasi bad sector pada harddisk. Semoga tips memilih harddisk eksternal kualitas terbaik yang saya berikan ini bermanfaat.