Install .Net Framework 3.5 di Windows 8 Offline

Install .Net Framework 3.5 di Windows 8 Offline merupakan sebuah artikel bagaimana mengaktifkan atau menginstall .Net Framework 3.5 di windows 8 secara offline yang berawal dari ketidak sengajaan saya yang sedang ingin mendownload .Net Framework versi 3.5. Beberapa waktu yang lalu setelah berhasil menginstall windows 8 pada pc jadul saya seperti biasanya pasti menginstall driver dan software yang kita butuhkan. Memang agak kesulitan menginstall driver di windows 8 karena pc yang saya pakai lumayan jadul dan belum ada upgrade terbaru driver khusus windows 8, tetapi akhirnya berhasil setelah mencoba berbagai jenis driver.

Install .Net Framework 3.5 di Windows 8 Offline

Masalah kedua muncul ketika akan mencoba menginstall salah satu software yang saya butuhkan yaitu belum terinstallnya Net. Framework versi 3.5, saya baru tahu ternyata di windows 8 hanya .Net Framework Versi 4 saja yang sudah termasuk dalam instalasi. Tetapi sebenarnya .Net Framework versi 3.5 juga ada dalam DVD Installer windows 8 tinggal kita install saja. Info ini saya dapat ketika ingin mendownload .Net Framework Versi 3.5 dari sebuah blog hasil googling, mengingat lemotnya akses internet yang saya gunakan akhirnya saya mencoba menginstallnya secara Offline.

Apa itu .Net Framework?

Bagi yang belum tahu .Net Framework  adalah teknologi inti yang menyediakan berbagai library untuk digunakan oleh aplikasi di atasnya. Dari penjelasan Microsoft dalam FAQ (Frequently Asked Questions) .NET Framework adalah lingkungan untuk membangun, deploying menyebarkan serta menjalankan services Web dan aplikasi lainnya dimana .NET Framework disusun oleh dua komponen utama, yaitu Common Language Runtime dan .NET Framework Class Library.

Fungsi dari .Net Framework
  • Menyediakan lingkungan pemrograman berorientasi objek, apakah kode objek disimpan dan dijalankan secara lokal, dijalankan secara lokal tetapi disebarkan melalui internet atau dijalankan secara remote (dijalankan dari suatu tempat).
  • Menyediakan lingkungan untuk menjalankan suatu kode yang meminimalkan konflik saat softwaredeployment disebarkan dan versioning /tentang versi.
  • Menyediakan lingkungan untuk menjalakan suatu kode yang menjamin keamanan saat kode dijalankan, termasuk kode yang dibuat oleh pihak yang tidak diketahui atau pihak ketiga yang setengah dipercaya.
  • Menyediakan lingkungan untuk menjalankan suatu kode yang dapat mengeliminasi masalah performa dari lingkungan scripted dan interpreted.
  • Membuat pengembang memiliki pengalaman yang konsisten dalam berbagai tipe aplikasi berbasis Windows dan aplikasi berbasis Web.

Berikut langkah instalasi .Net Framework versi 3.5 di windows 8 secara offline :

  • Pertama siapkan DVD installer windows 8, mau pakai yang ISO juga bisa tinggal kita klik 2 kali file installer windows 8 format iso makan akan otomatis termount oleh windows explorer.
  • Berikutnya buka Command Promt / CMD dan Run as Administrator , caranya tinggal geser mouse ke pojok kiri bawah.
  • Kemudian ketikan kode berikut ini :
DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess
  • Ganti F dengan lokasi dimana DVD instalasi berada.
  • Tekan Enter dan tunggu prosesnya samapai mencapai 100%.
  • Jika setelah menekan Enter muncul peringatan gagal rubah kodenya menjadi seperti ini :
DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:F:\sources\sxs
  •  Dan tekan Enter, Saya berhasil menginstall .Net Framework Versi 3.5 dengan kode yang kedua.

Mudah bukan menginstall .Net Framework 3.5 di windows 8 secara offline, dengan terinstallnya .Net Framework 3.5 kini software atau game yang membutuhkan NF versi 3.5 sudah bisa dijalankan. Cara ini sudah saya buktikan sendriri dan terbukti berhasil, maaf gak ada screen shotnya karena saya kira ini gak terlalu sulit kok, selamat mencoba!