Cara Mempercepat Kinerja Komputer/Laptop yang Lemot/Lambat

Cara mempercepat kinerja kompurter/laptop yang lemot/lambat menjadi hal yang wajib diketahui oleh pemilik atau pengguna komputer dan laptop, bekerja dengan komputer / laptop yang lemot selain memakan waktu juga membuat kita kesal. Bagaimana tidak kesal saat sedang asyik menggunakan komputer tiba-tiba muncul pesan "not responding". Mari kita bahas secara tuntas cara mempercepat komputer / laptop dan juga penyebabnya.

Mempercepat kinerja komputer lemot

Penyebab komputer / laptop lambat dan solusinya

Spesifikasi Komputer/Laptop yang rendah

Ini adalah faktor utama penentu kecepatan komputer, semakin hari aplikasi dan software pc mengalami perbaikan dan pengembangan yang menuntut kita memiliki hardware yang juga memadai. Beberapa tahun lalu mungkin bekerja dengan pentium 4 sudah termasuk wach, tetapi sekarang kita bisa lihat sendiri beberapa warnet yang memakai pc jadul lebih sepi daripada warnet yang memakai PC yang up to date. Ini telah saya buktikan sendiri di warnet daerah saya yang artinya user lebih suka komputer yang cepat. Untuk masalah hardware yang berpengaruh antara lain Processor, RAM dan VGA. Processor yang direkomendasikan adalah yang memiliki speed diatas 3Ghz, untuk RAM pakailah minimal 4 GB dan VGA tergantung kebutuhan anda.

Telalu banyak menginstall software

Banyaknya software yang terinstall juga bisa membuat komputer berjalan lambat, apalagi jika ada yang berjalan di background yang tanpa kita ketahui menguras kapasitas Memory RAM kita. Salah satu kesalahan pengguna adalah menginstal banyak software yang memiliki fungsi sama, menurut saya ini tidak perlu cukup kita pilih satu saja mana yang terbaik, misal browser cukup pakai mozilla saja atu google chrome saja, tidak perlu menginstall banyak seperti mozilla, Chrome, Opera, Safari dll. Untuk software player pilih satu software yang bisa memainkan berbagai jenis format.

Kerusakan pada komponen komputer

Kerusakan kecil pada salah satu komponen komputer bisa sangat mempengaruhi kinerja komputer, biasanya ini terjadi dari hardisk bad sector dan RAM yang tidak kompatible.
Solusinya : 
Untuk mengetahui hardisk bad sector
caranya masuk ke windows explorer >> klik kanan dan pilih properties pada salah satu drive yang akan kita cek >> klik tab tool >> klik chek now pada error cheking >> centang "scan for and attemp recovery of bad sector" >> klik start dan tunggu prosesnya sampai selesai.
Pencegahan hardisk bad sector
  • Mematikan PC dengan cara yang benar
  • Memakai PSU yang handal
    Lakukan defrag hardisk secara berkala saya melakukannya setipa 1 bulan sekali
RAM yang tidak kompatible
Ingin komputer bekerja lebih cepat banyak yang melakukan upgrade pada RAM tapi harus diketahui memasang lebih dari 1 slot memory terkadang bisa membuat komputer lemot jika versi dan spesifikasi RAM berbeda. Solusinya adalah pilihlah RAM dengan spek yang sama jika ingin memakai lebih dari 1 slot memory.

Komputer Terserang Virus

Virus komputer ada berbagai jenis dan memiliki efek serangan yang berbeda, ada yang menghapus dan meenyembunyikan file, ada juga yang memberatkan dan mengacaukan sistem komputer. Jadi pastikan anda memakai antivirus komputer yang handal, disini saya merekomendasikan avast antivirus biarpun saya pakai yang free tapi pc yang saya gunakan tidak pernah terkena satu virus pun selama antivirus tersebut up to date.

File temporary terlalu besar dan registry error

File temorary besar disebabkan dari penggunaan aplikasi seperti browser yang menyimpan cache, dari membuka winrar tanpa diekstrak dan masih banyak lagi. sedangkan registry error dari proses install uninstall yang tidak sempurna dan banyak lainnya.
Solusinya :
  • Download Glary Utilities disini
  • Instal programnya pada komputer/laptop sobat
  • pada tab 1-click maintenance klik scan for issues
  • Klik repair problem setelah proses scan selesai

Maintenance dengan glary utilities bisa dilakukan setiap hari agar performa komputer / laptop bisa optimal dan tidak lambat. Sekian tips singkat cara mempercepat kinerja komputer / laptop yang lemot / lambat dari saya semoga bermanfaat dan komputer / laptop saudara tidak lemot lagi.