VGA Card Terbaik untuk Bermain Game

VGA Card terbaik untuk bermain game - VGA Card merupakan salah satu faktor penting dalam bermain game selain processor dan RAM, 3 inilah elemen penting dari sebuah komputer gaming yang harus kita perhatikan. Memilih VGA Card bukan hal yang mudah apalagi tersedia banyaknya pilihan yang membuat kita bingung menentukan mana yang terbaik. Ada beberapa hal yang harus  kita perhatikan dalam memilih VGA Card sebelum membelinya, ini ditentukan dari kebutuhan kita apakah akan digunakan untuk gaming saja atau keperluan lain seperti design grafis atau video editing. Dan masih terbagi lagi apakah anda Entry level gamer atau mainstream gamer. Jika kebutuhan bermain game hanya untuk hiburan masih banyak VGA Card yang cukup terjangkau yang dapat memainkan game berat meski harus disetting low atau medium. Sebaliknya untuk mainstream gamer yang memperhatikan detail dan kualitas grafis anda perlu mempertimbangkan untuk membeli VGA Card kelas High End.

VGA Card Terbaik untuk Bermain Game

VGA Card yang Cocok untuk Gamer

Kartu grafis yang cocok untuk gamer akan saya bagi menjadi 3 bagian mulai dari Entry Level Gamer, Mainstrean Gamer, dan High End Gamer.

Entry Level Gamer

Kartu grafis entry level gamer ini ditunjukan bagi mereka yang menginginkan bermain game - game terbaru namun dengan dana yang terbatas, umumnya VGA Card jenis ini masih lancar digunakan dilayar beresolusi 1024 x 768 atau monitor yang berukuran 15".

Nvidia Geforce 9500GT (kisaran harga saat ini US$71-90)
Bagi yang ingin menggunakan kartu grafis buatan Nvidia bisa melirik kartu grafis yang motori chipset 9500GT. Pasalnya, selain harga yang ditawarkan cukup terjangkau, seri ini sudah dipersenjatai dengan core clock/ memory sebesar 650MHz/ 1625Mhz yang membuatnya cukup berperforma baik untuk menjalankan game-game saat ini. 

ATI Radeon HD 4650 (kisaran harga saat ini US$70-80)
Kartu grafis ini mempunyai segmen yang sama dengan Nvidia Geforce 9500GT. Pasalnya, selain harga yang ditawarkan cukup terjangkau, seri ini sudah dipersenjatai dengan core clock/ memory sebesar 600MHz/ 1000Mhz yang membuatnya cukup berperforma baik untuk menjalankan game-game saat ini. Memiliki core/memory clock yang lebih kecil, yakni 600MHz/1000MHz dibandingkan Nvidia Geforce 9500GT, yang membuatnya sedikit lebih unggul dari Nvidia Geforce 9500GT.

Mainstream Gamer

Kartu grafis dengan harga yang cukup lumayan namun memiliki performa yang lebih baik dari kelas Entry Level Gamer karena sudah mampu menjalankan game - game berat saat ini dengan resolusi layar 1280 x 1024. Untuk menghindari bottleneck disarankan anda sudah menggunakan processor minimal dual core dan beberapa hardware lain yang tentunya sudah memadai.

Nvidia Geforce 9800GT (kisaran harga saat ini US$119-180)
Dibekali dengan core/ memory clock sebesar 600MHz/1800MHz dan dengan dukungan PhysiX dari Nvidia membuatnya lebih baik ketika menjalankan game yang berbasiskan PhysiX. Kartu grafis ini merupakan pengembangan dari seri terdahulunya yaitu Geforce 8800GT.

ATI Radeon 4830 (kisaran harga saat ini US$109-133)
Menggunakan prosessor 640 shader, Core/Memory Clock sebesar 575MHz/1800MHz membuat kartu grafis ini cukup bertenaga untuk menjalankan game-game yang tergolong kelas berat seperti GTA IV, STALKER, Crysis dan yang lainnya.

High End Gamer

Kartu grafis untuk anda gamer addict yang suka dengan kualitas grafis yang memukau ditinjukan bagi mereka yang memang menginginkan grafis berkualitas tinggi. Dari segi harga bisa dibilang cukup menguras dompet dan tentu saja untuk menggunakan kartu grafis ini juga harus diimbangi dengan spek komputer yang cukup mumpuni.

Nvidia GTX 260 (kisaran harga saat ini US$244-322)
Seri GTX merupakan jajaran produk high-end dari Nvidia meski tak terbilang baru, GTX 260 dibekali dengan Core/Memory Clock sebesar 576MHz/1998Mhz merupakan pesaing ketat dari HD 4870. Bahkan di beberapa game tertentu, kartu grafis ini dapat melibas rivalnya. Tetapi sayang, harga yang ditawarkan sangat terpaut jauh sehingga produk ini jadi kurang peminat.

ATI Radeon HD 4870 (kisaran harga saat ini US$196-299)
Kartu grafis seri ini dapat membuat game terberat saat ini menjadi tampak begitu ringan bahkan dengan memaksimalkan detail ataupun mengaktifkan Antialising dapat ditangani kartu grafis ini dengan mudah. Itu semua karena kartu grafis ini mempunyai Core/Memory clock sebesar 750MHz/1800Mhz dan menggunakan jenis memori terbaru yaitu DDR5.

Tips yang Harus Diperhartikan Dalam Memilih VGA Card

Ada beberapa tips yang harus kita perhatikan dalam memilih VGA Card yang tepat dan cocok untuk kita.

Tipe Memory
Carilah yang sudah menggunakan GDDR5 karena memiliki performa yang lebih baik dan stabil

Bandwidht Memory
Minimal sudah harus 128 Bit. Atau 256 Bit jika menginginkan yang lebih baik.

Kapasitas Memory
Jika resolusi layar yang digunakan tidak lebih dari 1920 x 1080, kartu grafis dengan memory 1 GB sudah mumpuni. Kecuali anda menginginkan bermain game dilayar dengan rosulusi yang lebih besar atau bahkan multi display atau surround display pilihlah kapasitas memorynya lebih besar.

Direct X
Pastikan sudah menggunakan Direct X 11 karena game saat ini sudah banyak yang menggunakan Direct X 11. Dan mengharuskan menggunakan OS minimal Windows 7 yang telah support Direct X 11.

Slot PCI Express
Jika terdapat konektor daya tambahan, harus juga dipastikan bahwa power suply telah mendukung.\

Sistem Pendingin
Kartu grafis harus memiliki sistem pendingin yang baik. Untuk menghindari penurunan performa karena suhu yang meningkat.

Harga
Harga jadi pertimbangan utama menentukan kartu grafis apa yang ingin kita beli jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita punya. Memang VGA Card yang lebih mahal memiliki performa yang lebih baik untuk menjalankan game - game berat tapi yang harus diperhatikan adalah tidak semua kartu grafis yang lebih mahal memiliki kinerja yang lebih baik atau bahkan sama. Semua kembali ke spesifikasi masing-masing VGA Card.

Review
Hal yang tak harus dilewatkan dalam memilih kartu grafis sebelum membelinya adalah melihat review masing - masing kartu grafisnya dahulu sehingga kita bisa tahu kelebihan dan kekurangannya. Ini banyak sekali dibahas di internet baik di forum maupun di grup-grup chatting. Sehingga kita dapat dengan mudah menentukan pilihan mana yang terbaik untuk kita.

Rekomendasi Penulis dalam Memilih VGA Card

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum menjatuhkan pilihan pada kartu grafis rekomendasi penulis.

Menentukan Kartu grafis berdasarkan spesifikasi minimum game saat ini

Ini dapat menjadi pertimbangan sekaligus menentukan pilihan yang tepat karena perkembangan kartu grafis yang terus meningkat sehingga dapat mengantisipasinya dengan memilih yang lebih baik. Beberapa game berat yang dapat menjadi acuan seperti Crysis 3, GTA 5, Need For Speed Most Wanted 2012, Battlefield 3, Call of Duty Modern Warfare 3, NASCAR The Game 2013 atau game yang paling baru saat ini seperti Watch Dogs yang terbilang cukup berat.

Menentukan berdasarkan resolusi yang digunakan

Untuk layar beresolusi 1366X768 HD 
VGA Card minimal harus HD7750 
Power Color Radeon HD7750 1024MB DDR5 kisaran harga saat ini Rp 950,000 
Sapphire Radeon HD7750 1GB DDR5 128 Bit kisaran harga saat ini Rp 1,053,000 

Untuk layar beresolusi 1920X1080 Full HD
Kartu grafis minimal yang dipakai HD7850 
Digital Alliance Radeon HD7850 2GB DDR5 256BIT kisaran harga saat ini Rp 2,018,000 
HIS Radeon HD 7850 2GB DDR5 kisaran harga saat ini Rp 2,046,000 kisaran harga saat ini MSI Radeon HD 7850 2GB DDR5 - Twin Frozr/OC kisaran harga saat ini Rp 2,048,000 

Beberapa pertimbangan lain menentukan Kartu grafis / VGA Card terbaik untuk bermain game adalah pada garansi yang ditawarkan dan juga kelengkapan lain dari masing - masing kartu grafis dan hal yang menyangkut teknis seperti core clock, memory clok atau shader clock bisa juga menjadi pertimbangan. Pastikan komputer kita setidaknya sudah menggunakan processor jajaran Quad Core dengan RAM minimal 4GB untuk perfoma yang lebih baik dan menghindari bottleneck.