Tips dan Cara Mengoptimalkan Kinerja Mozilla Firefox

Tips dan cara mengoptimalkan kinerja Mozilla firefox ini penulis buat untuk membagikan pengalaman penulis dalam menggunakan mozilla firefox untuk pekerjaan maupun aktivitas lainnya. Mozilla firefox merupakan browser paling populer dan paling banyak digunakan dan kelebihan lainnya adalah firefox bisa dengan mudah kita modifikasi berdasarkan keinginan kita tergantung profesi dan kebutuhan pemakainya. Tersedia banyak sekali add-ons yang bisa kita gunakan untuk mempermudah semua aktivitas online kita.

Dalam artikel ini penulis akan mengulas sedikit tips dan trik dalam pemakaian mozilla firefox serta cara pengoptimalannya. Yang tujuan utama dari dibuatnya artikel ini adalah untuk mempermudah semua aktivitas kita yang berhubungan dengan internet khususnya sobat yang memang sering terhubung dengan dunia internet.

Tips dan Cara Mengoptimalkan Kinerja Mozilla Firefox

Tips dan cara mengoptimalkan kinerja mozilla firefox

#1 Tips dalam menggunakan add-ons

Ada ribuan add-ons mozilla yang tersedia untuk berbagai profesi dan aktivitas pengguna, baik untuk yang suka download musik dan video, web desainer, hingga pelaku seo khususnya para blogger. Tapi ada beberapa add-ons yang menurut saya memang wajib terinstall pada mozilla kita.

Add-ons penting versi Rachmadshare :
  • SaveFrom.net Helper, Add-ons satu ini memudahkan kita dalam mendownload video dari youtube, berbeda dari add-ons yotube downloader lain SaveFrom.net Helper juga dapat digunakan untuk mendownload video dari facebook dan berbagai situs video lain dan dengan beragam format yang kita inginkan. Sebelumnya penulis telah membahas berbagai cara mendownload video dari yotube tetapi add-ons ini lebih powerfull dan sangat penulis sukai.
  • RightToClick, Banyak website yang mendisable fungsi klik kanan pada mouse maupun diproteksi kontennya sehingga tidak bisa dicopy, sebenarnya tujuannya baik untuk meminimalisir kontennya dicopy oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan RightToClick kita bisa mendisable semua jenis proteksi tersebut sehingga kita bisa dengan mudah melakukan copy paste artikel tersebut. Penulis tidak mengajari mencuri konten suatu website tapi gunakan cara ini untuk hal yang positif misalkan untuk mengerjakan tugas dari guru atau memang ingin menyimpan artikel yang kita copy pada word untuk dibaca lagi dikemudian hari.

Jumlah add-ons yang tersedia memang sangat banyak sekali, pasanglah add-ons yang memeng penting dan dibutuhkan karena terlalu banyak menginstall add-ons dapat memperlambat kinerja mozilla firefox.

#2 Menambah user / profil baru

Ada banyak yang belum tahu fungsi mozilla firefox yang satu ini, kita bisa menambahkan banyak user / profil baru pada mozilla. Dengan adanya fitur ini kita bisa memanfaatkan mozilla dengan lebih luas lagi misal ingin mengatur settingan berbeda untu setiap profil dan masih banyak lagi.

Cara menambahkan user / profil baru di mozilla firefox :
  • Buka "Run" caranya tekan kombinasi "Windows + R"
  • Ketikan "firefox -p" atau "firefox.exe -p"
  • Akan muncul menu dan dari menu ini kita bisa mengatur user yang kita mau, ingin menambah baru atau menghapusnya.
  • Dan jika setiap ingin membuka firefox muncul menu ini hilangkan centang pada "don't ask at startup".

#3 Melakukan backup pada mozilla firefox

Ini tips yang sangat penting menurut penulis karena penulis sendiri bekerja dengan firefox yang sudah penulis customisasi sendiri untuk memudahkan pekerjaan dan aktivitas online lain, penulis biasanya tidak bekerja pada satu komputer tapi berpindah-pindah untuk itu sangat membingungkan jika harus menyetting satu-satu belum lagi add-ons dan bookmark yang banyak. Memang bisa menggunakan mozilla versi portable tapi penulis lebih suka versi installer karena lebih stabil.

Beberapa alasan lain mengapa harus membackup mozilla firefox :
  1. Ingin menginstall ulang komputer kita
  2. Ingin melakukan backup total baik add-ons, bookmark, browsing history bahkan tab yang kita pin.
  3. Bekerja pada banyak komputer
Cara melakukan backup total mozilla firefox :
  • Buka "Run" caranya tekan kombinasi "Windows + R"
  • Ketikan "%AppData%" tanpa tanda kutip
  • Masuk kefolder Mozilla >> Firefox >> Profiles
  • Akan ada satu folder dengan nama unik misal punya penulis "q7zc6g2a.default" nah isi dari folder inilah yang kita simpan.
Untuk cara merestorenya hampir sama tinggal kita ganti hapus isi dari folder unik tersebut dengan backupan kita. Ingat jangan sampai merubah nama folder unik tersebut karena akan terjadi error. Untuk merestore ke komputer lain caranya juga sama tinggal kita salin backupan kita ke dalam folder unik yang ada dikomputer lain. Untuk berjaga-jaga dari error coba buat user / profil baru untuk uji coba.

#4 Tweak untuk mempercepat kinerja Mozilla Firefox

Berikutnya adalah sedikit tweak untuk membuat kinerja firefox agar lebih cepat dan ringan. Untuk melakukan tweak ini anda harus berhati-hati karena kesalahan dapat membuat mozilla firefox anda crash atau hang.

Berikut tweak untuk mempercepat kinerja Mozilla Firefox :
  • Pada address ketikkan 'about:config' lalu tekan enter
  • Pada kolom filter cari ‘network.http.pipelining’. Klik 2x untuk merubah value menjadi 'true'
  • Cari lagi ‘network.http.pipelining.maxrequests’ ubah menjadi 8
  • Cari lagi ‘network.http.proxy.pipelining’. ubah value menjadi ‘true
  • Cari lagi ‘network.dns.disableIPv6’ ubah  value menjadi ‘true
  • Masih di 'about:config' klik kanan sembarang lalu pilih opsi New dan klik Boolean. Tuliskan ‘content.interrupt.parsing’ pada kolom tersebut kemudian tekan Ok. Pilih 'true' dan klik Ok.
  • Klik kanan kemudian pilih New dan pilih integer, tuliskan ‘content.max.tokenizing.time’ pada kolom tersebut dan tekan Ok. Masukkan ‘2250000’ kemudian klik Ok.
Tips diatas adalah tips dan cara mengoptimalkan kinerja mozilla firefox versi Rachmadshare. semoga sedikt tips singkat ini bisa bermanfaat untuk anda dalam menggunakan browser mozilla firefox baik untuk bekerja maupun aktivitas online lain.