Mengamankan Gadget Android dengan Android Device Manager

Mengamankan gadget android dengan Android Device Manager adalah sebuah tutorial singkat bagaimana mengamankan data pada gadget androidmu saat gadget kamu hilang atau dicuri orang. Sebelumnya kita telah mendengar banyak sekali aplikasi-aplikasi anti maling pada gadget android yang menwarkan penguncian gadget dan penghapusan data. Tapi sekarang kita tak perlu lagi menginstall aplikasi-aplikasi tersebut karena telah tertanam pada gadget android kita. Pada gadget android jenis baru fitur ini sudah bisa langsung kita gunakan namun pada gadget tipe lama kita harus melakukan update dulu dan untuk tata cara updatenya nanti akan admin RachmadShare.blogspot.com jelaskan dibawah.

Mengamankan android dengan android device manager

Mengamankan Gadget Android dengan Android Device Manager

Berikut ini cara melakukan setting pada android untuk mengaktifkan fitur Android Devive Manager.
  • Pertama buka buka Google Setting pada gadget android kamu, maka akan ada menu Android Device Manager, dan jika belum ada kamu bisa mendownload Android Device Manager disini.
  • Jika menu Android Device Manager telah muncul maka pilih dan centang "Remotely locate this device" dan "Allow remote factory reset", dua opsi ini memberikan akses pada akun google yang terhubung untuk melakukan koneksi dan juga melakukan factory reset melalui internet.
  • Langkah selanjutnya adalah mengunjungi https://www.google.com/android/devicemanager untuk mulai melakukan uji coba cek lokasi atau mencoba mengunci gadget androidmu, nah dari situs inilah kita nanti akan melakukan aksi pada gadget android yang hilang entah itu melacak lokasi, melakukan penguncian, menderingkan gadget hingga menghapus semua data yang ada.
  • Terakhir sebagai catatan agar kita selalu dapat melakukan koneksi ke gadget android kita, gadget android harus selalu terkoneksi ke internet dan jika gps diaktifkan akan lebih bagus lagi.

Demikianlah cara mengamankan gadget android dengan Android Device Manager untuk melindungi dan berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Selalu gunakan Lock Screen berupa Pattern atau Pasword agar tak sembarang orang dapat mengakses android kita, menggunakan lock screen berupa uapan atau geseran tidak direkomendasikan karena mempermudah akses masuk bagi pencuri sehingga dapat menonaktifkan gadget dengan mudah. Upaya-upaya seperti ini memang tidak bisa menghentikan gadget hilang atau dicuri orang namun setidaknya kita masih bisa mengamankan setiap datanya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Aktifkan juga fitur sinkronisasi dengan akun googlemu sehingga setiap data penting yang kamu miliki disimpan di server google, baca hal pertama yang harus dilakukan ketika punya android baru. Semoga bermanfaat.