Cara Mengatasi Masalah di Windows 8 yang Mungkin Muncul

Mengatasi Masalah pada Windows 8 disini maksudnya apa sih? memangnya masalahnya apa ya? Mungkin dari judulnya sedikit aneh dan membingungkan tetapi saya memilih judul mengatasi masalah pada windows 8 ini karena merupakan serangkaian dari berbagai cara mengatasi masalah-masalah yang timbul setelah beralih ke windows 8, artikel ini bisa dibilang lanjutan dari artikel yang saya tulis kemarin tentang alasan kenapa anda harus beralih ke windows 8.

Cara Mengatasi Masalah di Windows 8 yang Mungkin Muncul

Mungkin masalah yang kita hadapi sama oleh karena itu untuk membantu teman-teman dalam meningkatkan kenyamanan dalam pemakain windows 8 saya akan share masalah yang saya hadapi berikut penyelesaiannya. Lalu masalah apa saja yang saya temui, pertama dari compatibility driver, mengaktifkan fungsi optical driver (cd/dvd rom), install .net framework 3.5 offline, mengatasi resolusi yang kecil pada netbook dengan sedikit tweak pada registry dan terakhir mengatasi compatility software dan game. Masih itu saja masalah yang saya temui mungkin jika ada lagi akan saya tambahkan dikemudian hari.

Mengatasi Driver yang tidak compatible dengan Windows 8

Masalah driver menjadi salah satu masalah yang paling serius karena tidak terinstallnya driver pada pc/laptop membuatnya menjadi kurang efektif dan terbatas. Untuk pc dan laptop generasi terbaru sudah tersedia driver yang kompatibel dengan windows 8 namun untuk beberapa pc dan laptop versi lama nampaknya belum ada update terbaru yang disediakan oleh produsen masing - masing hardware.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

  • Coba pakai driverpack yang sudah support windows 8, misalnya Driver Pack Solution bisa di download disini, download dan jalankan driver pack dan install driver yang direkomendasikan.
  • Cara diatas kadang tidak bekerja jika ternyata memang driver pc/laptop belum ada untuk versi windows 8. Kalau memang gagal bisa dicoba dengan menginstall driver windows 7. saya berhasil dengan cara ini dan pc saya bisa berjalan normal seperti biasa untuk melakukan semua aktifitas komputansi dan untuk gaming juga lancar.
 

Mengaktifkan fungsi Optical Drive (CD/DVD ROM) pada Windows 8

Secara default fitur optical drive hanya aktif pada saat waktu pertama booting setelah instalasi windows 8, begitu direstart fitur itu akan disable sendiri. Pada awalnya saya bingung kenapa optical drive saya tiba-tiba tidak terbaca padahal semua baik-baik saja dan tidak ada yang rusak, setelah coba-coba browsing ternyata fitur optical drive memang sengaja di disable oleh microsoft demi meningkatkan keamanan, saya sendiri tidak begitu mengerti kenapa dibuat seperti itu.

Langkah mengaktifkannya :

  • Jalankan Command Promt sebagai Administrator, Ketik "cmd" di Windows 8 Modern UI dan tekan kombinasi Ctrl + Shift + Enter
  • Masukan kode berikut dan tekan enter
reg.exe add "HKLM\System\CurrentControlSet\Services\atapi\Controller0" /f /v EnumDevice1 /t REG_DWORD /d 0x00000001
  • Jika punya dua optical drive input lagi kode diatas dan ganti 0x0000001 menjadi 0x00000002, jika punya lebih dari dua tambahkan lagi dan nilainya menyesuaikan.
  • Restart komputer

Install .Net Framework 3.5 di Windows 8

Windows 8 sudah terintgrasi dengan .Net Framework Versi 4.5, tapi ternyata banyak Software yang masih memakai .Net Framework versi 2 dan 3, salah satu solusinya adalah menginstal .Net Framework Versi 3.5 yang didalamnya sudah termasuk .Net Framework Versi 2 dan Versi 3

Cara install .Net Framework 3.5 di Windows 8 :


Fix windows 8 di Netbook (layar kurang dari 1024 x 768)

Beberapa waktu yang lalu teman saya datang kerumah untuk bertanya tentang operating system pada netbooknya yang error. Setelah kita berbincang lama akhirnya dia ingin mencoba windows 8 dan dimulailah proses intalasi menggunakan eksternal optical drive, setelah berhasil terinstall dengan sempurna berikut driver dan software lainnya ternyata program yang ada Start Menu windows 8 Metro UI tidak bisa dijalankan dan muncul peringatan bahwa resolusi yang dipakai tidak memenuhi minimum yang direkomendasikan yakni 1024 x 768 sedangkan netbook hanya beresolusi 1024 x 600. Dalam benak saya "Tamatlah sudah serangkain proses panjang berakhir dengan kegagalan". Setelah coba browsing ketemu juga solusinya dari forum orang bule.

Langkah mengatasi resolusi netbook :

  • Buka Registry Editor (kombinasi Wndows + R, masukan regedit dan tekan enter)
  • Backup dulu untuk berjaga-jaga
  • Tekan Ctrl + F dan masukan "Display1_DownScalingSupported" tanpa quote dan tekan enter
  • Rubah nilainya menjadi 1 untuk base tetap hexadecimal klik OK
  • Sekarang coba tekan F3 untuk mencari Display1_DownScalingSupported setting yang lain karena ada juga yang memliki lebih dari 1
  • Pastikan sudah di edit semua dan sekarang restart komputernya
  • Sekarang ganti resolusi layar netbook ke ukuran 1024 x 768 dan coba cek Start menu Modern UI

Mengatasi Program yang tidak berjalan di windows 8 (software dan game)

Windows 8 mungkin lebih mirip windows 7 tetapi sebenarnya Windows 8 memiliki sistem yang tidak sama dengan windows versi sebelumnya, tidak seperti windows 7 yang merupakan gabungan dari Windows XP dan Vista, windows 8 dibuat dengan basic yang berbeda mungkin itu juga alasan kenapa wndows 8 bisa jauh lebih ringan dari windows 7. Bukan hal baru lagi jika setiap muncul windows versi baru pasti banyak program dan software yang tidak kompatibel. Sebenarnya cara mengatasinya mudah tinggal kita pilih compatibility mode yang kita inginkan pada properties software dan game.
Langkah - langkah mengatasinya :
  • Pastikan pc / laptop anda terinstall dengan sempurna semua drivernya termasuk Direct X, Net Framework 3.5, Microsoft Visual redistributable, java dan pelengkap lainnya karena biasanya hal sepele seperti ini bisa juga membuat software dan game tak berjalan.
  • Jika semua kebutuhan sudah terinstall coba klik kanan pada file executable software atau game yang tak berjalan, pilih properties pilih tab compatibility
  • Sekarang ganti compatibility modenya ke windows vista / Windows Xp sp 3 (silakan dicoba semua sampai ketemu yang cocok)
  • Centang juga Run this program as an administrator
  • Klik Apply dan OK, sekarang jalankan programnya semoga berhasil.

Akhirnya selesai juga tips dan trik mengatasi permasalahan windows 8, saya tidak menjamin cara diatas bisa bekerja dengan baik di pc/laptop sobat tapi jika tidak dicoba tidak akan pernah tahu hasilnya. Selamat bereksperimen dan jangan lupa share artikel cara megatasi masalah di windows 8 ini kepada teman - teman yang lain ya!