Tips Menggunakan Windows XP Meski Tanpa Support Microsoft

Tips menggunakan Windows XP tanpa support Microsoft - Windows XP setelah bertahan selama 12 tahun dan menjadi Operating Sistem yang paling populer didunia telah resmi diberhentikan updatenya oleh Microsoft yakni pada tanggal 8 April 2014. Itu berarti tanpa dukungan dari microsoft menggunakan windows xp memiliki resiko yang besar khususnya masalah keamanan. Cara yang paling mudah sebenarnya hanya meningkatkan versi ke Windows 7 dan 8, namun banyak alasan yang membuat pengguna masih bertahan menggunakan Windows XP, misal karena spesifikasi komputer yang terlalu rendah dan beragam alasan lain.

Tips Menggunakan Windows XP Meski Tanpa Support Microsoft

Tips Menjaga Kemamanan Data Windows XP Meski Tanpa Support Microsoft

  • Pertama bangun pc anda agar kebal dari virus dan dilengkapi backup. Saya pernah membuatkan artikel tentang ini yang bisa anda baca cara membangun pc kebal virus.
  • Gunakan Windows XP Service Pack 3 dan gunakan versi update yang paling akhir, karena sebelum Windows XP dinyatakan berhenti pihak Microsoft pernah mengeluarkan update terakhir untuk Windows XP.
  • Install aplikasi antivirus yang handal, sejak dulu saya selalu menyarankan Avast Antivirus, karena biarpun versi gratis mampu memberikan perlindungan yang handal baik virus lokal maupun luar negeri.
  • Sebagai perlindungan kedua gunakan anti malware, malware lebih mengerikan dari virus karena bisa digunakan untuk mencuri data penting anda.
  • Pastikan menginstall program yang jelas asal-usulnya, lihat kembali program-program yang anda install, gunakan program yang memang memiliki reputasi yang baik.
  • Periksa setiap ekstensi yang ada dalam browser anda, gunakan AdwCleaner untuk memeriksa apakah ada add-ons berpotensi malware yang menjangkiti browser anda.
  • Backup data-data penting anda, gunakan Hardisk eksternal atau DVD untuk mengamankan data yang dirasa sangat penting. Masukan juga file-file penting pada daftar "Backpacked file" untuk berjaga-jaga dari hal yang tak diinginkan.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan pada pc bersistem operasi windows xp yang digunakan. Untuk tips lain bisa anda temukan di situs ini yang juga tak kalah menarik. Semoga bermanfaat.